Sabtu, 19 Juni 2021

Mendapatkan Penghasilan Melalui Hoby? Apa bisa?

Cara mendapatkan uang dari hoby - Setiap orang tentu memiliki Hobi, dan tentu setiap orang bisa memiliki hobi yang beragam, dan juga setiap orang terkadang memiliki hobi yang lebih dari satu.

Hobi sendiri, jika mengacu pada Wikipedia bisa diartikan sebagai kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hobi merupakan “kesenangan istimewa yang dilakukan pada waktu senggang".

Mendapatkan Penghasilan Melalui Hoby? Apa bisa?
Cara mendapatkan penghasilan dari Hoby

Dalam hal ini hobi sendiri mengacu pada aktivitas yang disukai oleh setiap orang. Dan perlu anda ketahui segala sesuatu yang dilakukan secara konsisten tanpa tekanan akan jauh lebih menyenangkan dan tentu saja hobi sendiri memberikan kesenangan bagi yang menyukainya.

Setidaknya ada 6 Manfaat Hobi jika ditelaah lebih mendalam:

1. Hobi bisa menghilangkan stres
2. Hobi membuat orang lebih kreatif
3. Hobi bisa menambah wawasan dan relasi
4. Hobi bisa bikin badan sehat
5. Hobi bisa meningkatkan memori
6. Hobi bisa mendatangkan uang

Nah pada kesempatan kali ini saya fokuskan ke manfaat no 6 yaitu hobi bisa mendatangkan uang. Kenapa langsung loncat ke no 6? ya karena saat ini uang kebutuhan hidup kita semuanya memerlukan uang.

Pekerjaan yang anda lakoni yang tidak sesuai hobi atau keahlian tentu tidak akan berjalan dengan baik, banyak sekali godaan yang muncul, misalnya hilang ide, hilang fokus, cepat bosan dan masih banyak lagi hal serupa yang berusaha menggagalkan pekerjaan anda tersebut.

Pernahkah anda berfikir untuk menjadikan hobi sebagai pekerjaan? Jika hobi menjadi pekerjaan tentu akan menyenangkan bukan? Dan pada umumnya orang bekerja dikarenakan adanya tuntutan ekonomi yaitu untuk memenuhi kebutuhan.

Dengan bekerja tentunya kita bisa meraih penghasilan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut. Lalu apakah bisa hobi yang kita tekuni bisa menghasilkan uang? Tentu saja jawabannya adalah fleksibel, sepanjang anda bisa memberikan target dari hobi anda itu sendiri mungkin akan bisa menghasilkan uang dan bahkan akan lebih besar mendapatkan penghasilan ketika pekerjaan yang anda lakoni dijalankan sejalan dengan hobi anda.

Ketika zaman sudah serba digital seperti saat ini, tentunya setiap orang sudah paham dengan apa yang namanya Internet. Rata -rata orang memiliki ponsel, dan bahkan beberapa diantaranya hobinya juga ada di ponsel. Bener ga? Banyak diantara mereka yang suka bermain Game online, banyak diantara mereka pengguna ponsel yang hobi shopping melalui online shop, banyak diantara mereka pengguna internet yang hobi main sosmed, dan tentu masih banyak lagi contoh simpel lainnya.

Tetapi kalau ditanya apakah mereka menghasilkan uang? Tentu saja jawabannya belum tentu, karena ada yang menghasilkan dan juga ada yang belum menghasilkan.

Lah kenapa ada yang menghasilkan dan ada yang tidak menghailkan? Hal tersebut kembali ke sudut pandang masing - masing. Ada yang hanya sekedar mencari hiburan, ada yang main sosmed untuk sekedar pamer, ada juga yang sambil jualan dan tentu banyak sekali tujuan mereka untuk menjalakan hobi tersebut.

Sekarang yang menjadi pertanyaan hobi anda apa? Mau anda gunakan sebagai apa hobi tersebut? Jika orientasi hobi anda tersebut adalah uang maka sudah barang tentu akan bisa menghasilkan uang.Next saya akan bercerita tentang hobi saya yang awalnya bukan berorientasi ke uang tetapi bisa menghasilkan uang, kenapa demikian? panjang sebenarnya ceritanya Next time akan saya rangkum ke dalam cerita hobi yang menghasilkan uang, sebagai penghasilan sampingan saya disamping sebagai tenaga pendidik, soalnya kalau saya ceritakan disini tentu topik kita kurang terfokuskan.

Beberapa hobi yang menghasilkan uang Online

Disini saya tidak berbicara soal hobi keseluruhan, melainkan sebagai sampling saja, dan itupun yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Soalnya kalau hobi keseluruhan tentu bukan cuma 10 saja melainkan ribuan.

1. Hobi Online Shop Menghasilkan Uang?

Sebagai salah satu hobi wanita yang menghasilkan uang karena saat ini paling banyak digemari oleh kaum wanita, namun tak jarang pria juga memiliki kesukaan untuk belanja online.

2. Hobi Nulis 

Menulis merupakan salah satu hobi yang menyenangkan karena kita bisa menumpahkan pikiran kita dalam bentuk tulisan.

Selain itu, kita pun memiliki kepuasan tersendiri saat tulisan kita dibaca dan diapresiasi oleh orang lain.

Tidak hanya itu, ternyata hobi menulis juga menghasilkan uang lo! Anda hanya menjual kata-kata hobi menghasilkan uang tentunya.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari hoby menulis misalnya:

  • Membuat konten di blogger
  • Menjadi Conten Writer di situs - situs ternama
  •  Menjual tulisan anda

Dan tentu masih banyak lagi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari hasil karya tulisan anda tersebut.

3. Hobi Nonton 

Banyak juga orang yang hoby nonton film bisa menghasilkan uang. Misalnya saja anda hoby nonton drakor, Nah untuk kalian para pencita Drama Korea kalian pasti sering mendownload drama yang memiliki belasan episode bahkan puluhan episode. 

Nah dari situ juga kalian bisa menjual Soft file Film kita ini misalkan satu drama dihargai 15.000 atau lebih sesuai dengan kalian. 

Karena pasti banyak  dari kalian yang malas untuk mendownload atau bahkan streaming Drama Korea dikarenakan minimnya Kuota nah maka dari situ kita bisa memanfaatkan peluang dengan menjual Film yang sudah kita Download kita bisa memasarkannya di Instagram karena sekarang sudah banyak di Instagram yang menjual Drama Korea dalam bentuk SoftFile.

4. Hobi Maen Game 

Saat ini banyak sekali game online yang bisa menghasilkan uang secara nyata. Anda bisa memilih berbagai rekomendasi game penghasil uang terpercaya saat ini.

Selain itu anda juga bisa menulis tentang game yang anda lakoni, membuat channel youtube, maupun mengikuti turnamen game tersebut.

5. Hobi Makan

Siapa yang hobi makan disini? hayooooo...Pasti anda tidak asing lagi dengan yang namanya food bloggers? Ini adalah pekerjaan dimana seseorang memberikan ulasan mengenai makanan dan minuman di blog mereka.

Sekarang juga marak dengan istilah "Mukbang". Bisa anda lihat tuh banyak video mukbang di channel youtube yang tentu juga banyak diminati oleh orang - orang, dimana hal tersbeut juga bisa nambah nafu makan orang yang nonton lho.. hehe

Anda bisa diundang ke restoran yang baru dibuka untuk makan gratis atau bahkan dibayar untuk ngereview produk mereka lho!

Dengan beberapa jenis hoby diatas tentunya anda juga bisa membagun sebuah komunitas yang bisa menghasilkan uang lho.. tujuannya adalah supaya anda bisa mengetjakan sesuatu ber team yang tentu bisa memberikan keringanan bagi anda. 

Kesimpulan: Melalui beberapa jenis hoby diatas tentu anda bisa gunakan sebagai kegiatan rumahan yang menghasilkan uang atau sebagai penghasilan sampingan selain anda bisa menyalurkan hoby tentu lebihnya lagi anda dapat bonus uang sebagai penyemangat.

"Pekerjaan yang dilakukan sejalan dengan hoby akan memberikan hasil yang lebih baik dan bisa berjalan dalam jangka waktu yang lebih lama"


Surya Adnyana


Posting Komentar